LOGO-MBMEDIANET
Home Persona Tuti Haryati, Pemerhati Inklusi dan Gerakan Literasi Sekolah yang Berprestasi

Tuti Haryati, Pemerhati Inklusi dan Gerakan Literasi Sekolah yang Berprestasi

oleh MBMEDIANET Radio Berlian - 10 Februari 2024 213 Tayangan
Tuti Haryati, Pemerhati Inklusi dan Gerakan Literasi Sekolah yang Berprestasi

Tuti Haryati, M.Pd, lahir di Jakarta pada tanggal 16 April 1975. Dibesarkan di Kota Pare, Kediri, Jawa Timur, beliau merupakan seorang pemerhati inklusi dan gerakan literasi sekolah yang memiliki minat mendalam dalam membaca dan menulis. Pendidikan Tuti Haryati dimulai dengan menyelesaikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Tulungagung pada tahun 2009, dan kemudian melanjutkan studi S2 Bahasa Inggris di UNISMA Malang pada tahun 2012. 


Di ranah literatur, beliau telah menorehkan beberapa karya solo, antara lain "Avontur Sang Kapur" (2017), "Mendidik dengan Cinta, Melayani dengan Hati" (2017), "Cara Cerdas Menangani Siswa ABK" (2017), "Buku Pendamping Pelajaran Bahasa Inggris" (2017), dan "Buku Bahasa Inggris Excellent" (2010-2012). Dalam bidang penelitian, Tuti Haryati telah menghasilkan beberapa artikel dan dua karya penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal internasional. Beberapa artikelnya terbit di media massa, termasuk di Koran Harian Duta Surabaya dengan judul “Pendidikan Seks pada Siswa 'Istimewa'”, dan di Koran Harian Bhirawa dengan judul “Jatim Menuju Provinsi Inklusif”. Selain itu, beliau juga aktif dalam program Satu Guru Satu Buku dengan berkontribusi pada terbitan pertama “Terimakasih Guru”.


Sebagai seorang kepala sekolah dan guru, Tuti Haryati menyadari pentingnya memiliki visi dan misi yang jelas serta kemampuan untuk merencanakan ke depan. Dengan peran ganda tersebut, beliau bertekad untuk mempersiapkan generasi muda dengan memberikan landasan yang kuat untuk masa depan bangsa. Keberhasilan Tuti Haryati dalam karier pendidikannya dapat dilihat dari sejumlah prestasi yang telah diraih. Sejak pertama kali memasuki dunia pendidikan pada tahun 1997 di LPI Al Azhaar, beliau telah mendapat kepercayaan sebagai guru Bahasa Inggris. Konsistensi dan dedikasi beliau dalam mengajar terbukti dengan prestasi siswa dalam berbagai kompetisi Bahasa Inggris. Pengalaman beliau pun semakin diperluas ketika beliau dipercaya sebagai wali kelas di kelas VII pada tahun 2007. Setahun kemudian, beliau kembali ke SD Islam Al Azhaar dan menjabat sebagai Kesiswaan, yang juga dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. 


Demikianlah profil singkat Tuti Haryati, seorang pendidik yang berdedikasi tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan generasi muda Indonesia. (wiwied/sekar)

Kategori :
Bagikan :