LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Penyebab Imunitas Turun

Penyebab Imunitas Turun

oleh MBMEDIANET - 28 Juni 2024 32 Tayangan
Penyebab Imunitas Turun

Daya tahan tubuh sangat penting untuk dijaga. Kalau tidak, tubuh jadi rentan terkena penyakit. Berikut di antara penyebab imunitas tubuh menurun.


Dehidrasi 

Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan menurunkan imunitas sehingga tubuh jadi mudah lelah, lemas dan rentan tertular penyakit. Minum air mineral 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.


Stres 

Stres dalam waktu lama dapat menyebabkan tubuh terasa letih. Saat stres, tubuh memproduksi beberapa hormon stres seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin. Kondisi ini dapat menghambat kerja sistem imun dalam memerangi virus dan bakteri.


Asap Rokok 

Zat-zat berbahaya pada rokok dapat masuk ke aliran darah hingga mencapai organ-organ tubuh bagian dalam yang menurunkan sistem imun. Merokok juga dapat membuat kadar antioksidan dalam darah menurun. Padahal, antioksidan merupakan zat penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.


Efek Antibiotik 

Konsumsi antibiotik yang tidak sesuai anjuran dokter dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kebal terhadap obat sehingga lebih sulit sembuh.


Kurang Gizi 

Kekurangan asupan makanan bergizi membuat daya tahan tubuh menurun karena minim nutrisi, salah satunya vitamin C.


Jarang Olahraga 

Olahraga membuat produksi sel darah putih, yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh, meningkat. Orang yang malas gerak, rentan mengalami flu, masuk angin, hipertensi, obesitas, dan diabetes tipe 2. Olahraga rutin minimal 30 menit sehari dan 5 kali dalam seminggu bisa menjaga daya tahan tubuh tetat fit.


Istirahat Kurang 

Tidur membuat tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak secara alami sehingga membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Disarankan tidur selama 7-9 jam per hari agar tetap fit. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :