LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Cegah Kanker pada Anak

Cegah Kanker pada Anak

oleh MBMEDIANET - 27 Juni 2024 26 Tayangan
Cegah Kanker pada Anak

Kanker pada anak umumnya akibat mutasi gen atau perubahan DNA dari sel tubuh. Perubahan ini bisa terjadi sejak anak dilahirkan atau saat dalam kandungan. Faktor genetik dari riwayat keluarga memengaruhi munculnya kanker pada anak. Faktor lain adalah lingkungan, seperti paparan asap rokok, zat kimia, dan radiasi.


Kabar baiknya, pencegahan kanker bisa dilakukan sejak dini, yaitu saat anak masih dalam kandungan. Caranya, yaitu rutin memeriksakan kandungan. Deteksi dini adalah cara terbaik untuk mengatasi atau setidaknya mengendalikan kanker pada anak.  Selain itu, jauhkan faktor pemicu tumbuhnya sel kanker pada anak. Enyahkan asap rokok dengan menghindari total paparan asap rokok. 


Selain itu, Stop makanan dan minuman yang mengandung bahan tambahan berbahaya. Jangan lupa ajak anak rajin aktivitas fisik, khususnya olahraga. Cara pencegahan lainnya adalah dengan diet sehat dan seimbang, istirahat cukup, serta kelola stres anak dengan baik. Beberapa diagnosis yang biasa dilakukan untuk memastikan tumbuhnya kanker antara lain, foto rontgen, biopsi, tes darah, CT scan, MRI, USG. Ketika hasil pemeriksaan menunjukan positif kanker, dokter akan merekomendasikan jenis pengobatan sesuai jenis kanker, stadium, hingga tingkat penyebarannya. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :