LOGO-MBMEDIANET
Home Berita Tanggapan Dokter Gizi Terkait Viral Wanita Marah Susu UHT Tak Dingin

Tanggapan Dokter Gizi Terkait Viral Wanita Marah Susu UHT Tak Dingin

oleh MBMEDIANET - 10 Juli 2024 17 Tayangan
Tanggapan Dokter Gizi Terkait Viral Wanita Marah Susu UHT Tak Dingin

Seorang wanita menjadi viral di media sosial setelah meluapkan kekesalannya karena susu UHT yang dibelinya tidak dingin. Hal ini memicu perdebatan tentang apakah susu UHT harus disimpan dalam kulkas atau tidak. Menanggapi viralnya kasus ini, sejumlah dokter memberikan penjelasan mengenai penyimpanan susu UHT yang sebenarnya.


Susu UHT (Ultra-High Temperature) adalah susu yang telah dipanaskan pada suhu sangat tinggi dalam waktu singkat untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme patogen. Proses ini memperpanjang umur simpan susu tanpa perlu bahan pengawet tambahan. Setelah kemasan dibuka, susu UHT perlu disimpan di kulkas untuk menjaga kualitas dan keamanannya.


Menurut Dr. Amelia Rosa, seorang ahli gizi, susu UHT yang belum dibuka sebenarnya tidak perlu disimpan di kulkas.

"Susu UHT yang masih dalam kemasan asli dan belum dibuka dapat disimpan pada suhu ruangan, karena proses UHT sudah membunuh semua bakteri berbahaya," jelas Dr. Amelia.

Namun, setelah kemasan dibuka, susu UHT harus segera disimpan di dalam kulkas dan dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari.


Kekesalan wanita tersebut mungkin berakar dari kesalahpahaman umum tentang susu UHT. Banyak orang berpikir bahwa semua jenis susu harus selalu disimpan dalam keadaan dingin. Padahal, susu UHT memiliki perlakuan khusus yang membuatnya berbeda dari susu segar.


"Memang, rasa susu UHT yang dingin lebih segar dan menyenangkan bagi banyak orang, tetapi itu bukan keharusan untuk keamanan produk," tambah Dr. Amelia.


Kasus viral ini menekankan pentingnya edukasi publik mengenai penyimpanan makanan dan minuman yang benar. Pemahaman yang tepat tentang cara menyimpan susu UHT dan produk pangan lainnya bisa mencegah kekhawatiran yang tidak perlu serta membantu masyarakat menjaga kualitas dan keamanan makanan yang mereka konsumsi.


Tips Penyimpanan Susu UHT

  • Simpan di Suhu Ruangan: Susu UHT yang belum dibuka dapat disimpan di suhu ruangan sesuai dengan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.
  • Masukkan ke Kulkas Setelah Dibuka: Setelah kemasan dibuka, segera masukkan susu UHT ke dalam kulkas dan konsumsi dalam waktu 3-4 hari.
  • Periksa Tanggal Kedaluwarsa: Selalu cek tanggal kedaluwarsa pada kemasan susu UHT sebelum mengonsumsinya.
  • Jaga Kebersihan Kulkas: Pastikan kulkas bersih dan memiliki suhu yang tepat untuk menyimpan produk makanan dan minuman.


Dengan memahami cara penyimpanan yang benar, kita bisa menikmati susu UHT dengan aman dan nyaman tanpa kekhawatiran yang berlebihan. (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :