LOGO-MBMEDIANET
Home Berita Polusi Udara Ancam Kesehatan Masyarakat

Polusi Udara Ancam Kesehatan Masyarakat

oleh MBMEDIANET - 08 Maret 2024 171 Tayangan
Polusi Udara Ancam Kesehatan Masyarakat

Dalam beberapa tahun terakhir, masalah polusi udara jadi perhatian serius di berbagai kota besar di Indonesia. Tingginya tingkat polusi udara tak hanya mengancam lingkungan, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan masyarakat. Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tingkat polusi udara di sejumlah kota metropolitan telah melampaui batas yang dianjurkan oleh standar kualitas udara yang berlaku. Partikel-partikel berbahaya seperti PM2.5 dan PM10 yang tersebar di udara berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernafasan, penyakit kardiovaskular, bahkan kematian dini.


Para tenaga kesehatan mengungkapkan peningkatan kasus penyakit pernafasan saat ini sebagian besar disebabkan paparan polusi udara. Partikel-partikel halus dalam udara dapat masuk ke dalam saluran pernapasan yang menyebabkan iritasi, peradangan, bahkan infeksi. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama mengurangi emisi polutan udara dan meningkatkan kesadaran pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Harus ada langkah nyata seperti memperkuat pengawasan terhadap industri pencemar udara, menggalakkan transportasi umum, dan penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Tak hanya itu, masyarakat harus berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan salah satunya dengan tidak bakar sampah sembarangan.


Dengan upaya bersama dan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi kita semua. (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :