LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Pegagan, Daun Ajaib Multi Khasiat

Pegagan, Daun Ajaib Multi Khasiat

oleh MBMEDIANET - 22 Maret 2024 180 Tayangan
Pegagan, Daun Ajaib Multi Khasiat

Centella Asiatica yang dalam bahasa daerah biasa disebut pegagan atau vallarai atau gotu kola merupakan tumbuhan perdu tropis yang masuk dalam famili Umbelliferae (Apiaceae). Tanaman ini tumbuh di negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Jepang, Cina, Sri Lanka, dan Afrika Selatan. Selain meningkatkan imunitas, pegagan juga bisa untuk mengobati berbagai penyakit. Di negara-negara Asia, pegagan digunakan sebagai bahan penting dalam pengobatan tradisional karena memiliki efek perlindungan terhadap penyakit. Pegagan punya beragam efek obat, termasuk sifat neuroprotektor, antidepresan, kardioprotektif,antikanker, antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan. 


Berikut di antara khasiat daun pegagan yang dikenal luas di kalangan masyarakat, khususnya Asia.

Mengobati & Mencegah Jerawat 

Produk perawatan kulit yang mengandung centella asiatica dapat membantu mempercepat pemulihan dan membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas. Kemampuannya meningkatkan produksi kolagen juga membantu mencegah pembentukan luka bekas jerawat.


Mengobati Penyakit Alzheimer 

Pegagan memiliki potensi dalam mengobati Alzheimer dengan meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ekstrak pegagan juga dapat melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan penyakit ini.


Mengurangi Kecemasan, Stres, & Depresi 

Daun pegagan berkhasiat mengatasi gangguan kejiwaan dengan mengontrol aktivitas neurotransmiter, seperti gamma-aminobutyric acid (GABA). Kandungan asam asiatatnya dapat merangsang penyerapan GABA oleh otak, menjadikannya alternatif herbal yang aman untuk mengatasi kecemasan dan depresi.


Mempercepat Penyembuhan Luka 

Pembalut luka atau obat luka yang mengandung pegagan memiliki efek penyembuhan pada berbagai jenis luka. Oleskan dengan rutin pada luka, seperti luka sayatan atau robekan, untuk mempercepat proses penyembuhan.


Meringankan Insomnia 

Kemampuan daun pegagan dalam mengatasi kecemasan, stres, dan depresi juga menjadikannya solusi alami untuk mengobati insomnia. Pilihan aman ini dapat menjadi alternatif bagi yang ingin menghindari penggunaan obat tidur berbahan kimia.


Mengurangi Stretch Mark 

Terpenoid dalam daun pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen, membantu mencegah stretch mark baru, dan menyembuhkan selulit yang sudah ada. Penggunaan salep dengan ekstrak pegagan pada area yang rentan dapat memberikan manfaat luar biasa.


Meredakan Nyeri Sendi 

Sifat anti-inflamasi pegagan berguna dalam mengatasi radang sendi. Konsumsi ekstrak pegagan dapat mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang, serta memberikan dampak positif pada sistem kekebalan tubuh.


Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Studi menunjukkan bahwa ekstrak pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori daripada asam folat. Ini membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif, terutama setelah stroke.


Mengatasi Penuaan Dini 

Produksi kolagen alami tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Pegagan dapat membantu menghambat penuaan dini dengan merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah pembentukan garis-garis halus, terutama pada wajah dan leher.


Mengatasi Masalah Pencernaan 

Terlepas dari kecantikan dan kesehatan mental, daun pegagan juga memiliki efek positif pada sistem pencernaan. Antibakteri alaminya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, dan masalah asam lambung.


Melancarkan Sirkulasi Darah 

Penelitian menunjukkan bahwa pegagan dapat mengurangi retensi cairan, pembengkakan pergelangan kaki, dan membantu dalam pengobatan varises. Efek positifnya pada jaringan ikat pembuluh darah memberikan dampak positif pada sirkulasi darah.


Antioksidan Kuat 

Pegagan bukan hanya penyembuh, tetapi juga pelindung. Senyawa antioksidan dalam pegagan membantu melawan radikal bebas dan peradangan, menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.


Menjaga Kesehatan Mata 

Dengan kandungan senyawa seperti beta-karoten dan vitamin C, daun pegagan membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan mempromosikan kesehatan mata secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyertakan daun pegagan dalam pola makan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah mata yang mungkin timbul. 


Mengatasi Masalah Pernafasan 

Sifat antiinflamasi dan antioksidannya membantu mengurangi peradangan pada saluran udara, membuat pernapasan menjadi lebih lancar dan nyaman. Anda dapat mencoba mengonsumsi teh daun pegagan atau menggunakan minyak daun pegagan untuk mendukung kesehatan sistem pernafasan.


Menjaga Kesehatan Liver 

Daun pegagan dapat memberikan manfaat luar biasa untuk hati. Senyawa-senyawa aktif dalam tanaman ini membantu melindungi hati dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan. Dengan membantu membuang racun dari tubuh, daun pegagan membantu menjaga kesehatan hati dan mendukung sistem detoksifikasi alami tubuh.


Penambah Energi Alami 

Daun pegagan dapat memberikan dorongan segar yang diperlukan untuk mengatasi kelelahan dan kelesuan. Jadi, jika kopi tidak lagi memberikan efek seperti dulu, cobalah khasiat alami daun pegagan. (berbagai sumber/gem)

Kategori :
Bagikan :