LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Menu Sahur yang Mesti Dihindari

Menu Sahur yang Mesti Dihindari

oleh MBMEDIANET - 12 Maret 2024 165 Tayangan
Menu Sahur yang Mesti Dihindari

Sahur menjadi momen penting bagi tubuh untuk mendapat asupan sebelum berpuasa seharian penuh. Perlu persiapan yang baik agar sahur bisa membuat badan sehat, bukan malah sakit. Nah, berikut menu yang mesti dihindari saat sahur.


Terlalu Asin 




Konsumsi garam berlebih saat sahur dapat meningkatkan tekanan darah juga menyebabkan rasa haus di siang hari. Beberapa contoh makanan asin yang sebaiknya dihindari di antaranya mie instan, krupuk, keripik, telur asin, dan keju halloumi.


Makanan Berlemak 




Mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti keju, mentega, dan daging olahan dapat menyebabkan mulas, memperparah refluks asam dan peradangan, serta memiliki jumlah kalori tinggi yang berdampak pada penambahan berat badan.


Terlalu Manis 




Jenis menu ini tidak memberikan energi yang tahan lama, meskipun kaya kalori. Justru makanan manis dapat membuat lemas hanya dalam waktu 1 atau 2 jam setelah sahur. Kandungan tinggi gula juga dapat memicu peningkatan kadar gula darah secara cepat, dan memicu pelepasan insulin dalam jumlah besar yang dapat menimbulkan rasa lelah saat berpuasa.


Menu Pedas 



Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, menyebabkan keringat berlebih, dan memicu rasa haus serta dehidrasi selama berpuasa. Makanan pedas juga dapat merusak lapisan lambung dan memicu masalah pencernaan serta membuat kerongkongan mudah kering. 


Makanan Berat 




Terlalu banyak karbohidrat dapat menyulitkan pencernaan dan menyebabkan rasa sebah, mudah ngantuk, dan lemas. (gem)




Kategori :
Bagikan :