LOGO-MBMEDIANET
Home Berita Film Indonesia sebagai Pintu Budaya dan Penyampai Pesan Kesehatan

Film Indonesia sebagai Pintu Budaya dan Penyampai Pesan Kesehatan

oleh MBMEDIANET - 01 April 2024 163 Tayangan
Film Indonesia sebagai Pintu Budaya dan Penyampai Pesan Kesehatan

Dalam dunia perfilman Indonesia, tidak hanya sekadar hiburan, namun juga merupakan jendela yang membawa pesona budaya dan keajaiban alam Tanah Air kepada penonton di seluruh dunia. Dukungan pemerintah yang konsisten terhadap industri film menghadirkan peluang bagi pembuat film untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di panggung internasional. Namun, di balik layar gemerlap, film-film Indonesia juga menjadi penyampai pesan kesehatan melalui penekanan pada gaya hidup sehat dan promosi kearifan lokal.


Sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid, film-film Indonesia tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga instrumen pendidikan yang efektif tentang kebudayaan. Dengan menampilkan kekayaan tradisi lokal, termasuk pakaian adat, tarian tradisional, makanan khas, dan pariwisata, film-film lokal memberikan wawasan mendalam tentang keanekaragaman budaya Indonesia. Melalui narasi yang kuat, film-film ini efektif dalam menjalankan peran diplomasi budaya, memperkenalkan keragaman Indonesia kepada dunia.


Selain itu, aktris Clara Bernadeth menyoroti peran film dalam memperkenalkan budaya dan makanan Indonesia kepada penonton internasional. Sebagai media yang sangat efektif, film memiliki kekuatan untuk mempengaruhi cara berpikir, selera, dan bahkan gaya hidup penonton. Melalui visual yang memukau dan kisah yang memikat, film-film Indonesia tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga mempromosikan gaya hidup sehat dengan memperkenalkan makanan tradisional Indonesia yang bergizi.


Proses pembuatan film sendiri juga menjadi bagian dari perjalanan kesehatan, baik fisik maupun mental. Sutradara Ismail Basbeth mengungkapkan bahwa film bukanlah sekadar produk seni, tetapi juga memiliki aspek sastra yang mendalam. Dalam upaya menciptakan ruang untuk bercerita, ia bermain dengan ide bersama teman-temannya, yang tidak hanya menghasilkan karya film yang berkualitas, tetapi juga memberikan kepuasan secara personal.


Dukungan pemerintah terhadap industri film Indonesia telah membawa keberagaman budaya negeri ini ke panggung internasional. Melalui visual yang memukau dan kisah yang memikat, film-film Indonesia tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga jendela yang membuka cakrawala bagi penonton untuk mengenal lebih dalam tentang keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia. Dengan demikian, film Indonesia tidak hanya mempersembahkan kebudayaan, tetapi juga menyampaikan pesan kesehatan kepada penonton di seluruh dunia. (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :