LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Khasiat Istimewa Pisang

Khasiat Istimewa Pisang

oleh MBMEDIANET - 06 Mei 2024 122 Tayangan
Khasiat Istimewa Pisang

Sehat tak harus mahal. Bisa dengan rutin mengonsumsi pisang. Buah ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut di antara manfaat pisang bagi tubuh.


Menyehatkan Jantung 

Pisang mengandung potasium yaitu mineral yang dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Rutin mengonsumsi pisang akan membuat jantung lebih sehat.


Anti peradangan 

Pisang mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai kerusakan akibat aksi radikal bebas, termasuk peradangan, terutama pada usus.


Mengobati Luka 

Kulit pisang mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka ringan. Caranya, oleskan bagian dalam kulit pisang pada luka yang ringan.


Mencegah Kanker 

Pisang mengandung lektin yang dapat mengurangi risiko kanker darah atau leukimia.


Menyehatkan Mata 

Pisang mengandung vitamin A dan E yang sangat baik untuk kesehatan mata. Buah ini juga mengandung lutein dan antioksidan yang merupakan nutrisi penting untuk mengurangi risiko degenerasi.


Mencegah Animea 

Pisang mengandung asam folat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan proses produksi sel darah merah dan mencegah anemia.


Menyehatkan Pencernaan 

Pisang mengandung prebiotik yang efektif menjaga sistem pencernaan, termasuk mengobati kembung, diare, muntah.


Menjaga Otot 

Pisang adalah sumber elektrolit alami seperti potasium yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi otot. 


Sumber Energi 

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik, yang diubah tubuh menjadi energi. Gula alami pada pisang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan dan stamina.


Mendongkrak Mood 

Pisang mengandung triptofan sejenis asam amino yang bisa meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang terlibat dalam mengatur suasana hati. Ketika serotonin dilepaskan, hati merasa nyaman dan  bahagia. 


Meremajakan Kulit 

Buah pisang dan kulitnya memiliki efek revitalisasi pada kulit yang dapat membantu memperbaiki sel-sel rusak. Vitamin A yang terdapat pada pisang dapat membantu memudarkan flek hitam dan bekas luka pada kulit. Kulit pisang bisa dioleskan langsung ke area wajah yang rawan jerawat.

Bisa juga mencampurkan pisang dengan bahan lain seperti yogurt dan kunyit untuk membuat masker wajah yang dapat mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. Vitamin B yang terdapat dalam pisang juga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya penyebab penuaan dini. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :