LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Bahaya AC Bagi Kesehatan

Bahaya AC Bagi Kesehatan

oleh MBMEDIANET - 16 Mei 2024 101 Tayangan
Bahaya AC Bagi Kesehatan

Cuaca panas membuat sebagian orang suka berlama-lama di ruangan AC. Padahal, kebiasaan ini tak selalu baik untuk kesehatan. Berikut di antara dampak buruk AC yang perlu diketahui.


Menurunkan Imun 

Sistem kekebalan tubuh akan mengalami penurunan jika lama berada di ruangan ber-AC. Akibatnya, lebih berisiko terserang penyakit, khususnya flu. 


Mudah Lelah 

Ruangan AC yang tertutup raapt membuat udara segar tak bisa masuk. Kondisi ini membuat sistem pernafasan menghirup udara yang kurang sehat. Akibatnya, tubuh kurang bertenaga, lebih cepat lelah, bahkan pusing, dan mual.


Kulit Kering 

Seharian di ruangan ber-AC akan mengurangi kelembapan kulit sehingga terasa kering.


Sesak Nafas 

AC mengandung zat kimia, seperti paradichlorobenzene dan formaldehyde yang dapat memicu penyakit pernafasan, khususnya asma.


Penularan Penyakit 

Kurangnya sirkulasi udara di ruangan AC membuat potensi penularan sumber infeksi seperti kuman, bakteri, dan virus jadi lebih tinggi. Apabila di dalam ruangan ada yang sakit, besar kemungkinan orang lain akan tertular.


Iritasi Selaput Lendir 

Suhu yang sangat dingin bisa memicu iritasi pada selaput lendir sehingga rentan terkena infeksi virus.


Mata Kering 

Menurunnya kelembapan dalam ruangan ber-AC meningkatkan risiko peradangan kelopak dan selaput mata, atau lebih dikenal dengan blefaritis dan konjungtivitis.


Gangguan Otot 

AC dapat memicu tortikolis atau gangguan otot, khususnya area leher karena udara dingin AC mampu menyerang saraf. Efek dingin ini bisa membuat saraf tegang bahkan bengkak. 


Dehidrasi 

Tingkat dehidrasi lebih tinggi bagi orang yang beraktivitas di ruangan AC. Saat AC diatur pada suhu yang sangat rendah, tubuh jadi sering merasa haus.


Memicu Alergi 

AC yang tidak dirawat bisa memiliki tumpukan debu dan polutan yang menjadi pemicu bermacam alergi. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :