LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Beragam Khasiat Jeruk Nipis

Beragam Khasiat Jeruk Nipis

oleh MBMEDIANET - 02 Mei 2024 106 Tayangan
Beragam Khasiat Jeruk Nipis

Di balik aroma dan rasa asamnya yang segar jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, zat besi, niacin, folat, fosfor, natrium, tembaga, kalium, magnesium, dll Berikut di antara manfaat jeruk nipis bagi kesehatan:


Meningkatkan Imun 

Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan produksi sel darah putih sehingga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh lebih terlindungi dari infeksi dan penyakit.


Mencegah Kanker 

Senyawa sekunder seperti limonoid yang banyak terdapat daun, kulit buah, biji, hingga bulir jeruk nipis dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. 


Menurunkan Gula Darah 

Kandungan serat jeruk nipis mampu menurunkan kadar gula darah dengan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah.


Mencegah Anemia

Tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi. Ketika tubuh tak dapat menyerap zat besi, produksi sel darah merah akan terganggu sehingga memicu anemia.


Melancarkan Pencernaan 

Sifat asam jeruk nipis bisa membantu air liur memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoidnya bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.


Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk ini bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh yang berdampak pada pembakaran kalori lebih banyak. Itulah mengapa menurunkan berat badan jadi lebih cepat dengan jeruk nipis.


Melegakan Tenggorokan 

Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan minyak atsiri di dalamnya.


Menyehatkan Kulit 

Vitamin C yang tinggi dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang mencegah penuaan dini seperti kulit kusam, kerutan, hingga bercak hitam.


Menjaga Ginjal 

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini berkat kandungan sitrat yang meningkat, sehingga mengikat mineral pembentuk batu ginjal. 


Menyehatkan Jantung 

Jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Terpenuhinya kebutuhan potasium mampu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.


Mengurangi Peradangan 

Vitamin C dalam jeruk nipis mampu menurunkan risiko peradangan dalam tubuh, termasuk mengatasi gejala arthritis. (berbagai sumber/gem)



Kategori :
Bagikan :