LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Mengatasi Lemas dan Pusing Saat Puasa

Mengatasi Lemas dan Pusing Saat Puasa

oleh MBMEDIANET - 28 Maret 2024 264 Tayangan
Mengatasi Lemas dan Pusing Saat Puasa

Puasa kadang membuat lemas, bahkan pusing. Tapi, bukan berarti harus langsung berbuka untuk membatalkan puasa. Jika masih dirasa aman, puasa bisa tetap lanjut dengan melakukan beberapa tips berikut ini:


Berhenti Aktivitas 

Langsung berhenti dari aktivitas berat kemudian duduk secara perlahan untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks. Selain membantu meredakan pusing, cara ini juga dapat menghindari risiko terjatuh dan cedera.


Pijat Wajah dan Kepala 

Dengan memijat area wajah dan kepala bisa membantu meredakan sakit kepala. Buat gerakan melingkar menggunakan jari dari kedua tulang pipi. Geser jari ke arah atas secara perlahan melewati sisi luar kedua mata hingga kedua jari-jari tangan bertemu pada bagian tengah dahi.


Ubah Posisi Tubuh 

Hindari menggerakkan tubuh, terutama area kepala, secara cepat dan tiba-tiba karena bisa menyebabkan kepala semakin pusing. Jika merasa kehilangan keseimbangan, cobalah berbaring dengan posisi telentang untuk membantu mengoptimalkan aliran darah menuju otak.


Kompres Dingin 

Untuk membantu meredakan pusing dan nyeri kepala selama berpuasa, letakkan kompres dingin berupa es batu yang sudah dibungkus plastik dan kain lembut di area kepala. Hal ini dapat membantu meredakan peradangan pada saraf atau pembuluh darah di dalam otak yang kerap menyebabkan nyeri kepala.


Pejamkan Mata 

Cara ini bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh, serta merilekskan otot-otot. Selain itu, hindari cahaya yang terlalu silau karena bisa memperburuk sakit kepala. Kurangi screen time atau pembatasan paparan radiasi cahaya dari layar gadget.


Mengatur Nafas 

Tarik nafas secara perlahan melalui hidung selama dua hitungan. Lalu, kerutkan bibir dan buang napas secara perlahan melalui mulut selama empat hitungan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala mulai mereda.


Menu Bergizi 

Pastikan tubuh mendapat asupan makanan sehat dengan bergizi saat buka dan sahur. Hindari konsumsi teh maupun kopi yang memiliki efek diuretik penyebab dehidrasi. Jangan lupa cukupi asupan cairan tubuh dengan menerapkan pola 2-4-2 dalam mengonsumsi air mineral saat puasa, yaitu:

- 2 gelas saat berbuka.

- 4 gelas saat malam.

- 2 gelas saat sahur.

(berbagai sumber/gem)
Kategori :
Bagikan :