LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Cara Alami Redakan Kecemasan

Cara Alami Redakan Kecemasan

oleh MBMEDIANET - 03 Mei 2024 119 Tayangan
Cara Alami Redakan Kecemasan

Namanya hidup sudah pasti kadang ada tekanan. Jika tak disikapi dengan baik, tekanan bisa menjadi kecemasan yang kalau dibiarkan akan menurunkan imunitas tubuh. Berikut adalah cara alami untuk mengurangi kecemasan.


Olahraga 

Banyak bergerak dan berkeringat tak hanya menyehatkan fisik tapi juga membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang mengganggu. Olahraga memicu tubuh melepaskan endorfin yang merupakan hormon perasaan baik dan menyenangkan.


Minum Herbal 

Beberapa jenis herbal yang dikenal ampuh meredakan kecemasan adalah jahe dan daun pegagan. Jahe mengandung gingerol yang bersifat antioksidan. Senyawa ini membantu menangkal bahan kimia berbahaya yang diproduksi tubuh saat sedang stres. Sedangkan daun pegagan mengandung asam asiatat yang bisa mengontrol aktivitas GABA (gamma- aminobutyric acid) di dalam tubuh. GABA adalah neurotransmitter untuk menghambat reaksi atau sinyal otak yang merugikan.


Aromaterapi 

Aromaterapi berupa minyak esensial mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental. Di antara aroma yang menenangkan adalah lavender, jeruk bali, dan cemara.


Meditasi 

Meditasi efektif menghilangkan pikiran yang tidak perlu dan menggantinya dengan pikiran yang menenangkan. Bagi umat Islam ada ritual shalat minimal lima kali sehari.


Latihan Pernafasan 

Mengambil nafas dalam dan terukur kemudian menghembuskannya secara perlahan akan membuat tubuh rileks sehingga bisa meredakan kecemasan.


Melakukan Hobi 

Menulis, melukis, bernyanyi, menari dan hobi positif lainnya terbukti dapat meredakan stress.


Berkomunitas 

Manusia adalah makhluk sosial. Interaksi postif dengan sesama membuat suasana hati menjadi nyaman. 


Dekat Alam 

Hutan, danau, sawah, sungai, pantai, gunung adalah tempat yang tepat untuk merasakan kekuatan alam. Dekat dengan alam membuat hati dan pikiran rileks. 


Gizi Seimbang 

Kadar gula darah rendah, dehidrasi, dan bahan kimia dalam makanan olahan dapat memicu suasana hati. Terlalu sedikit asupan gula dapat memengaruhi temperamen seseorang. Dehidrasi membikin otak tidak fokus. Konsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh sehat dan nyaman. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :