LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

oleh MBMEDIANET - 01 Juli 2024 28 Tayangan
Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung koroner, endokarditis, dan aritmia adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Menurut WHO, penyakit jantung membunuh sekitar 20 juta jiwa tiap tahun. Selain faktor genetika (bawaan), penyakit ini berkaitan dengan kualitas pola hidup. Nah, agar jantung sehat, ada beberapa tips yang mesti dilakukan. 


Rutin Olahraga 

Saat berolahraga jantung bekerja memompa darah lebih deras sehingga pembuluh darah jadi lebih lentur. Disamping itu, oksigen juga akan terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Sempatkan olahraga 20-30 menit setiap hari. Tak perlu melakukan jenis olahraga berat. Bisa memilih aktivitas fisik yang ringan seperti jogging, senam, berkebun, jalan kaki, berenang.


Pola Makan 

Konsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh memicu diabetes dan hipertensi yang menyebabkan masalah jantung. Pilih makanan segar seperti kacang-kacangan, sayur, buah, ikan salmon yang banyak mengandung serat dan asam lemak omega-3. 


Berat Badan Ideal 

Menjaga berat badan ideal menjauhkan orang dari penyakit jantung. Makin gemuk, makin tinggi risiko terkena penyakit jantung.


Air Mineral 

Kebiasaan minum air mineral mampu menurunkan risiko sakit jantung sebesar 41% pada wanita dan 54% pada pria. Ini disebabkan air mineral efektif melarutkan kandungan gula, garam dalam darah. Dampaknya, kinerja jantung dalam memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh lebih optimal. 


Asap Rokok 

Asap dan racun kimia dari rokok sangat menyakiti jantung. Semakin banyak menghirup asap rokok, makin tinggi risiko kena penyakit jantung.


Istirahat Cukup 

Cukup istirahat membuat proses detoksifikasi berjalan lancar sehingga metabolisme tubuh berjalan optimal. Akibatnya, organ tubuh, termasuk jantung dapat bekerja dengan lebih baik.


Relaksasi 

Jantung akan sehat apabila secara rutin melakukan relaksasi tubuh seperti meditasi, yoga, dll. Hal ini bisa menenangkan pikiran dan terhindar dari stres berlebihan.


Cek Kesehatan 

Rutin cek kesehatan, khususnya tensi, gula darah, asam urat, dan kolesterol, membantu memantau kesehatan jantung sehingga bisa mengambil tindakan pencegahan. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :