LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Risiko Minum Es Saat Berbuka

Risiko Minum Es Saat Berbuka

oleh MBMEDIANET - 18 Maret 2024 178 Tayangan
Risiko Minum Es Saat Berbuka

Seharian tidak minum lihat es rasanya segar banget. Ingin rasanya langsung minum es saat adzan maghrib berkumandang. Tapi, es diam-diam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berikut risiko terlalu banyak minum es saat berbuka puasa.


Proses Pencernaan 




Saat berpuasa, sistem pencernaan melambat sehingga butuh waktu untuk memulai kembali. Minum es saat berbuka puasa dapat mengganggu proses pencernaan karena suhu dingin menghambat aktivitas enzim dan asam lambung. Kondisi ini bisa memicu mual, diare, dan kembung.


Memicu Penyakit 




Minum es saat berbuka puasa dapat memicu kondisi medis tertentu seperti sakit kepala, tenggorokan, dan sakit perut. Hal ini karena suhu dingin dapat mempengaruhi aliran darah ke otak dan lambung yang memicu reaksi negatif dalam tubuh.



Menyebabkan Kembung 




Suhu dingin membuat otot-otot perut mengencang dan mengalami kontraksi. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan kembung, bahkan nyeri perut.


Risiko Infeksi 




Es yang tidak higienis dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Bakteri dan kuman dapat hidup dan berkembang biak dalam es yang tidak bersih, terutama jika es dibuat dari air yang tidak steril.


Masalah Gigi 





Mengonsumsi banyak es dapat merusak enamel gigi yang menyebabkan keretakan gigi. Apabila dibiarkan, dapat memicu gigi berlubang, termasuk tambalan gigi yang hilang. (gem)



Kategori :
Bagikan :