LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Henti Jantung Bisa Terjadi pada Atlet Muda

Henti Jantung Bisa Terjadi pada Atlet Muda

oleh MBMEDIANET - 03 Juli 2024 18 Tayangan
Henti Jantung Bisa Terjadi pada Atlet Muda

Dunia bulu tangkis sedang berduka atas meninggalnya Zhang Zhi Jie, pebulu tangkis muda berbakat asal China. Kematian Zhang yang mendadak akibat henti jantung mengejutkan banyak pihak, terutama mengingat usianya yang masih sangat muda dan kondisinya yang terlihat sehat sebagai seorang atlet profesional.


Henti jantung adalah kondisi di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak, mengakibatkan aliran darah ke seluruh tubuh terhenti. Pada atlet muda seperti Zhang Zhi Jie, beberapa faktor yang bisa menyebabkan henti jantung antara lain:


  • Kardiomiopati Hipertrofik: Penyakit genetik ini menyebabkan penebalan dinding jantung, yang bisa menghalangi aliran darah dan memicu henti jantung.
  • Anomali Koroner: Kelainan bawaan pada arteri koroner bisa menyebabkan aliran darah yang tidak memadai ke jantung, terutama selama aktivitas fisik berat.
  • Miokarditis: Infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada otot jantung bisa berujung pada henti jantung.
  • Aritmia Maligna: Irama jantung yang tidak normal dan berbahaya bisa menyebabkan henti jantung mendadak.
  • Komotio Cordis: Cedera langsung pada dada, meskipun jarang, bisa menyebabkan henti jantung, terutama pada atlet yang terlibat dalam olahraga kontak.


Kematian mendadak Zhang Zhi Jie menggarisbawahi pentingnya deteksi dini dan pemantauan kesehatan bagi atlet. Pemeriksaan medis rutin dan pemantauan ketat bisa membantu mendeteksi potensi masalah jantung sebelum mereka berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Tes ekokardiogram dan tes stres jantung adalah bagian penting dari pemeriksaan ini.


Pencegahan henti jantung pada atlet muda melibatkan:

  • Pemeriksaan Medis Rutin: Memastikan tidak ada masalah jantung yang tersembunyi.
  • Pelatihan CPR dan AED: Mengajarkan pelatihan CPR dan penggunaan AED di kalangan atlet dan staf pelatih.
  • Gaya Hidup Sehat: Diet seimbang, cukup istirahat, dan latihan yang teratur namun tidak berlebihan.


Kematian mendadak Zhang Zhi Jie adalah kehilangan besar bagi dunia bulu tangkis. Tragedi ini mengingatkan kita semua akan pentingnya pemahaman dan kewaspadaan terhadap kondisi medis yang berpotensi fatal. Dengan upaya pencegahan yang tepat, risiko henti jantung pada atlet muda bisa diminimalisir, membantu menjaga kesehatan dan keselamatan para atlet. (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :