LOGO-MBMEDIANET
Home Tips Kesehatan dan Keselamatan Selama Arus Balik Lebaran 2024

Tips Kesehatan dan Keselamatan Selama Arus Balik Lebaran 2024

oleh MBMEDIANET - 17 April 2024 351 Tayangan
Tips Kesehatan dan Keselamatan Selama Arus Balik Lebaran 2024

Meskipun puncak arus balik Lebaran 2024 sudah berlalu, sekitar 30% pemudik masih belum kembali ke Jakarta hingga Selasa pagi. Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, tetap memperhatikan kesehatan masyarakat dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) dan memberikan diskon tarif tol, memungkinkan para pekerja untuk lebih lama tinggal di kampung halaman sebelum kembali ke rutinitas kerja mereka.


Selama masa arus balik ini, kesehatan pemudik menjadi fokus utama, baik dari segi fisik maupun mental. Petugas lalu lintas harus tetap siap mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi di jalan tol, namun dengan memperhatikan kondisi kesehatan pengemudi dan penumpang di dalam kendaraan. Penekanan pada kesiapan kendaraan, termasuk memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) secara berkala, sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan dan keamanan di tengah perjalanan.


Kolaborasi antara Jasa Marga dan Pertamina untuk menyediakan bantuan BBM bagi kendaraan yang kehabisan bahan bakar menunjukkan perhatian terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat pengguna jalan. Pemudik diimbau untuk memastikan kecukupan BBM secara berkala, khususnya setiap berhenti di rest area, sebagai langkah preventif.


Berikut beberapa tips kesehatan dan keselamatan yang dapat diperhatikan selama perjalanan arus balik Lebaran:


1. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan dan berisiko terjadi kecelakaan.


2. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap untuk melintasi jarak jauh. Periksa rem, ban, dan cairan mesin secara berkala.


3. Persiapan Makanan dan Minuman

Siapkan bekal makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk perjalanan. Hindari makanan berlemak dan berat yang dapat mengganggu pencernaan.


4. Hindari Kebiasaan Merokok

Jika Anda perokok, usahakan untuk mengurangi atau menghindari merokok selama perjalanan. Asap rokok dapat mengganggu kesehatan pernapasan dalam kendaraan.


5. Berhenti dan Beristirahat

Lakukan istirahat singkat setiap beberapa jam untuk mengistirahatkan mata dan menggerakkan tubuh. Hindari mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk.


6. Jaga Kebersihan Tangan

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum dan setelah makan. Gunakan hand sanitizer jika air tidak tersedia.


7. Minum Air yang Cukup

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup selama perjalanan. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan.


8. Hindari Stres

Terimalah kemacetan dan situasi lalu lintas dengan sabar. Stres dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda.


9. Perhatikan Tanda-tanda Kesehatan

Jika merasa tidak enak badan atau mengalami gejala seperti pusing, mual, atau lelah berlebihan, segera berhenti dan istirahat.


10. Gunakan Masker

Dalam situasi pandemi, selalu gunakan masker saat berada di tempat umum atau berinteraksi dengan orang lain untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan penyakit.


Dengan memperhatikan tips kesehatan dan keselamatan di atas, diharapkan perjalanan arus balik Lebaran Anda menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Selamat berkendara! (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :