LOGO-MBMEDIANET
Home Kesehatan Penyebab Pusing Usai Makan Daging

Penyebab Pusing Usai Makan Daging

oleh - 21 Juni 2024 49 Tayangan
Penyebab Pusing Usai Makan Daging

Banyak yang mengeluh sakit kepala usia makan daging sapi atau kambing. Sebagian mengira itu efek kolesterol naik. Padahal, tak selalu sakit kepala usai makan daging disebabkan naiknya kolesterol. Ada beberapa sebab lain, di antaranya;


Alergi Daging 

Kondisi ini terjadi akibat tubuh menghasilkan senyawa kimia bernama histamin secara berlebihan. Senyawa kimia ini yang menimbulkan gejala berupa sakit kepala atau pusing. Alergi daging biasanya disertai gejala lain, seperti mual, bersin-bersin, kulit gatal, kulit kemerahan, hingga urtikaria atau biduran.


Keracunan Makanan 

Daging yang terkontaminasi bakteri, seperti Salmonella, Listeria, atau E. coli, berisiko menyebabkan keracunan. Kondisi ini ditandai dengan gejala berupa sakit perut, pusing, mual, muntah, dan diare.


Efek Tiramin 

Tiramin adalah senyawa yang ditemukan pada sumber protein hewani. Senyawa ini dapat memicu produksi hormon epinefrin yang memicu detak jantung dan tekanan darah meningkat yang memicu migrain, hipertensi, dan penyakit jantung. 


Kelainan Sendi Temporomandibular (TMJ) 

Daging merah memiliki struktur padat, tapi kenyal sehingga butuh usaha lebih untuk mengunyahnya. Hal ini dapat memengaruhi struktur dan fungsi sendi TMJ yang memicu dislokasi sendi yang menyebabkan sakit kepala.


Lalu, bagaimana cara mengatasi kepala pusing usai makan daging qurban? Berikut yang bisa dilakukan;


  • Duduk dan berbaring di tempat yang nyaman.
  • Istirahat yang cukup.
  • Blatasi konsumsi makanan berlemak dan yang mengandung tinggi garam.
  • Minum air putih yang cukup untuk menjaga tekanan darah normal.
  • Menghindari konsumsi makanan olahan terlebih dahulu karena berisiko meningkatkan tekanan darah yang dapat memperburuk kondisi.
  • Menghindari aktivitas berat untuk sementara waktu.


Jika disebabkan oleh alergi daging, disarankan untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin guna diberi obat antialergi. (berbagai sumber/gem)


Kategori :
Bagikan :