LOGO-MBMEDIANET
Home Berita Bahaya Medsos Bagi Kesehatan Mental

Bahaya Medsos Bagi Kesehatan Mental

oleh MBMEDIANET - 19 Maret 2024 288 Tayangan
Bahaya Medsos Bagi Kesehatan Mental

Medsos sudah jadi bagian hidup manusia modern saat ini. Hampir semua orang, khususnya di kota-kota besar punya akun medsos, bahkan lebih dari satu. Sisi baiknya, orang bisa lebih mudah berkomunikasi. Namun, dampak buruknya juga sangat banyak. Sejumlah penelitian menunjukkan penggunaan media sosial yang berlebihan dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan isolasi sosial. Terlalu sering terpapar konten yang menimbulkan tekanan sosial atau memicu rasa cemburu terhadap kehidupan orang lain juga dapat merusak kesehatan mental seseorang.


Penggunaan media sosial yang berlebihan juga dapat mengganggu pola tidur dan produktivitas. Ini karena banyak orang cenderung menggunakan gadget hingga larut malam. Kurangnya istirahat dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti stres dan kelelahan. Terlalu sering mengakses dunia maya juga menurunkan kualitas interaksi sosial di dunia nyata. Kondisi ini dapat mengarah pada penurunan kualitas hubungan interpersonal dan peningkatan perasaan kesepian.


Penting bagi setiap individu untuk mengatur waktu saat menggunakan media sosial. Menetapkan batasan waktu harian bisa membantu mengurangi ketergantungan terhadap medsos. Selain itu, sikap tidak membandingkan diri dengan orang lain juga menyempatkan waktu beraktivitas di dunia nyata dapat membantu menjaga kesehatan mental lebih baik. Dengan menyadari dampak negatif medsos, diharapkan masyarakat dapat menggunakannya secara lebih bijak demi menjaga kesehatan mental. (berbagai sumber/sekar)

Kategori :
Bagikan :